Rabu, Januari 09, 2008

tangki bensin anda "bocor'?

didasarkan keprihatinan atas borosnya motorku dalam meminum bensin (hiks), aku pengen nulis hal2 yang kira2 bs membantu mengurangi tingkat konsumsi bensin khususnya buat motor.

sikap kita atau style dalam membawa motor bisa ngebantu menghemat bensin loh,
ATUR GAS
-Atur rpm (buat yg lum tau: rotation per minute) pada putaran konstan karena akan menghasilkan pemakaian bahan bakar efisien, putaran mesin 3.000-4.000 rpm. buat motor bebek rata2 gak ada tachometernya kan, kira2 aja, yang jelas putarannya lempeng aja. prinsipnya, makin tinggi putaran mesin, makin banyak udara disedot, makin banyak bensin disembur ke karbu.
-Jangan terlalu sering buka tutup gas. jangan lakukan tiba-tiba. baiknya gas diurut.

ATUR PERSNELING
-Jangan terlalu sering melakukan perpindahan gigi. Pada waktu perpindahan perseneling perhatikan putaran mesin, jangan terlalu rendah sebab menyebabkan beban mesin menjadi berat mengakibatkan pemakaian bahan bakar tidak optimal.

PENGEREMAN
-Memberhentikan atau mengurangi kecepatan sebaiknya gunakan kedua rem.
-Hindari terlelu sering engine-brake (hmm...,engine brake tuh kayak kalo abis ganti gigi ke lebih rendah, motor kayak ketahan) untuk memperlambat kecepatan. Mesin jadi lebih berat trus lebih boros. ato kalo mau pake caraku, tiap mo ngurangin kecepatan/deselerasi, tahan koplingnya (tekan, trus tahan tangkai perseneling), djamin ga ada engine brake, rpm langsung drop, jd lebih halus. tapi bad sidenya, motor jd gampang nyelonong (jgn dpake d turunan loh), trus, kata orang kampas kopling jd lebi cepat abis, hehe..

di luar style, stauku jg ada hal2 sederhana yg ngaruh ke konsumsi bensin:
- ukuran ban yang ideal biasanya yang standar pabrik. makin lebar profil ban, daya cengkram makin bagus tapi jd lebi berat buat mesin, ke bensin jg ngaruh jadinya.
-tekanan ban juga harus cukup.malas amat, tinggal mampir ke tukang permak jeans buat mompa..
(kok jayus sih Jar..)
- gak tau lagi saya.....

ngee...ng...

Tidak ada komentar: