Kamis, November 13, 2008

Bukan Sinetron





Siang td gk sengaja nonton program jejak petualang di TV7, salah satu jenis program acara favoritku nih. Rerun sih, uda rada lama kayaknya. tp justru itu, presenternya masih Riyanni. top deh ni cewek.
Pada merhatiin gk, dr sekian program yg setipe (petualangan2 gitu), sebagian besar presenternya cewek loh. unik jg.

Sedikit kekecewaan
acara2 kayak gini bisa dibilang benar2 memberi warna tersendiri buat program2 di tv yang kadang bisa buat eneg. ya gitu deh..(gak perlu di bahas kan)
di sela2 tayangan tv nasional yg sangat Jakarta (jakarta minded deh), kita bs ngeliat sodara2 kita yang jauh di seberang laut lengkap dengan nilai2 hidup mereka. kita jg bs ngeliat sisi lain dari alam indonesia yg katanya kaya ini (kaya tp gk bs nggali, order ke bule dulu tuh br bs).
trus kecewanya dmana Jar? gini2, kadang kalo aku perhatiin, posisi presenter (cewek) lebih sering di jadiin objek liputan, sehingga porsi informasi utamanya sedikit terabai.

contoh kasus: liputan program "A" ttg kehidupan suku Asmat di papua.
Aspek yang diangkat: rute perjalanan, upacara perang suku, makanan tradisional, dll.
Tapi terkadang, kemasannya, pembahasaannya, framingnya, bisa menjadi seperti ini: cerita si cewek yg menembus hutan n slalu mengeluh capek, cerita si cewek yang seperti ketakuatn melihat perang suku, cerita si cewek yang rada jijik makan ulat sagu, makan tokek bakar, etc..

poin pentingnya adalah, yang lalu diangkat bukan lagi tentang kehidupan suku asmat dan alam tempat tinggalnya, tapi lebih ke perjalanan seorang cewek ke pedalaman papua. so, artis utamanya bukan suku asmat dan kehidupannya, tapi si cewek presenter.

hehe, ini pendapat pribadi kok. masalah selera aja. mungkin kalo acara begituan dikemas kayak punya National Geographic gak laku di indonesia.

Back to Riyanni Djangkaru, ni mbak2 tergolong tangguh deh, jarang bgt ngeluh di kamera (gk tau dblakang).











Tidak ada komentar: