Senin, November 10, 2008

Obama VS Saiful Jamil

Pada ngikutin tv, Koran ato internet kan? Tau cerita ttg obama vs McCain dong.
Tulisanku berikut cm pengen nanggepin fenomena pemilu di negri sono dgn situasi di negri kita tercinta ini sbg pembandingnya.

Menembus batas
Banyak alasan kita2 mencoblos si A ato si B dalam pemilu. Entah kebijakan politik, ekonomi, luar negri, kesehatan ato hal-hal lain seperti latar belakang partai, keluarga, suku, agama dan lain sebagainya. Tapi, hal pertama yang membuatku kagum dan berani bilang “salut…” buat rakyat amerika sana yaitu, pola pikir mereka yang tidak sempit dan terkotak-kotak dalam memilih jagoannya (walau uda diserang black campaign sgala) .

Obama itu kulit hitam om, golongan minoritas di AS yang masa lalunya lebih gelap dr warna kulitnya. Tapi eh tetapi, dlm pemilu pendahuluan dia bs ngalahin madam Hilary yang di atas kertas jauh lebih lama jam terbangnya di senat. Trus maju ke pemilu USA 1, menang pula. Saingannya jg gk bs diangggap remeh, veteran perang yang kaya pengalaman.

So, ada kesimpulan yang bs kulihat, antara lain, orang2 sono bs memilih tanpa terpengaruh isu agama, suku, ato latar blakang keluarga. Ada tulisan di Koran 2 hr yg lalu yang bilang kalo di sono, debat capres slalu ditunggu2 karena dr situ ketauan isi otak n pola pikirnya (dr pada kampanye d lapangan yg menu utamanya bagi2 duit n goyang dangdut) . Kan bs ketebak tuh kira2 arah kebijakannya. Jadi, (mungkin) orang sono lebih mau secara objektif melihat si calon. Dewasa secara politik gitu deh..

Kalo di Indonesia?

Fajar says: orang sini sih milih karena sosoknya aja. Kalo keliatan berwibawa dikit, tampang ok n fotonya cocok buat dipajang di sebelah lambang garuda, coblos aja..

Pernah denger kan, para calon apa aja, mulai dr pilpres, pilkada ampe pilkades yang sowan ke pemuka masyarakat n agama. Minta doa restu judulnya. He2, mnurutku mah, itu cr massa aja. Sisa2 feodal jaman raja2 masi ada, pegang pemimpinnya, kita dapet pengikutnya (yang buat rusuh pilkada ya yg kayak gini ini).

Sori ini secara general aja. Saya tau, anda2 yang (mau) baca ini melek informasi kok. Pasti taun depan kalo milih lebih karena visi misinya si capres.

Trus Kalo di Indonesia??

Berandai2 dikit yuk…
Bayangin kalo obama tetep stay di Indonesia, trus masuk ke kancah politik (btw dia itu (katanya) pintar secara akademik, politik jelas, jd masuk akal kan). Trus dia digandeng sm suatu partai gurem n maju ke pilpres. Di sana dia ngelawan om saiful jamil dr partai arus utama (di pilkada kalah, tp maju pilpres, he3). Mana yang menang?

Obama= kewarganegaraan (nasionalisme) bakal dipermasalahkan, suku minor, agama minor, otak (visi n misi) ok.
Saiful jamil= latar belakang ok, Suku ok, agama ok, otak no komen.
Yang kepilih jd presiden sapa hayo….
Fajar says: om saiful jamil.

Sori, untuk saat ini pola pikir pemilih kayak gini masih bakal mendominasi. Hidup Indonesia!!


Tidak ada komentar: